Asesmen Sumatif Gasal MAN 2 Karanganyar Tahun 2024/2025

Dalam rangka mengemban amanah Undang-Undang Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 bahwa Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Madrasah Aliyah Negeri 2 Karanganyar menentukan Visi, Misi, Pendidikan MAN 2 Karanganyar. Hal tersebut merupakan target capaian agar bisa dipedomani bersama segenap guru dan pegawai Madrasah Aliyah Negeri 2 Karanganyar untuk menentukan standar mutu pendidikan. Oleh karena itu dilaksanakannya Asesmen.

Pelaksanaaan asesmen sumatif di MAN 2 Karanganyar ini dilaksankan berbasis kertas atau” paper based test” dengan jumlah mata pelajaran 22 mata pelajaran pada kelas X, dan 20 mata pelajaran di kelas XI dan XII. Adapun jumlah ruang yang digunakan adalah 23 ruang test yang tiap ruangnya ada 36 siswa dari 2 jenjang yang berbeda termasuk peminatan atau jurusannya. Hal ini dilakukan untuk mengurangi potensi kecurangan tes.

Untuk mengukur ketercapaian kompetensi peserta didik sesuai dengan standar kompetensi kelulusan ataupun tujuan pembelajaran perlu dilakukan penilaian hasil belajar peserta didik pada satuan pendidikan. Penilaian hasil belajar tersebut dilakukan melalui Penilaian / Asesmen yang terukur berdasar kompetensi minimal setiap mata Pelajaran, baik secara formatif maupun sumatif lingkup materi. Penyelenggaraan kegiatan Asesmen Sumatif Semester Gasal di MAN 2 Karanganyar mulai hari Senin, 25  November 2024 s/d 5 Desember 2024. Kegiatan ini diikuti 810 siswa dengan perincian kelas X / fase E berjumlah 252 siswa, Kelas XI/ Fase F berjumlah  252 Siswa, serta 306 siswa kelas XII jurusan IPA, IPS dan Keagamaan.

Asesmen sumatif dilakukan setelah pembelajaran berakhir, misalnya pada akhir satu lingkup materi (dapat terdiri atas satu atau lebih tujuan pembelajaran), pada akhir semester, atau pada akhir fase.

Umpan balik dari asesmen hasil akhir ini (sumatif) dapat digunakan untuk mengukur perkembangan siswa, untuk memandu guru merancang aktivitas pada pembelajaran berikutnya. Asesmen Sumatif  MA Negeri 2 Karanganyar bertujuan mengukur pencapaian hasil dan perkembangan  peserta didik pada akhir fase, sesuai dengan standar kompetensi kelulusan yang ditetapkan atupun tujuan pembelajaran di fasenya.

Adapun Fungsi Asesmen pada satuan Pendidikan MAN 2 Karanganyar adalah :

  1. Bahan pertimbangan pemetakan mutu madrasah.
  2. Salah satu syarat ketentuan kelulusan / kenaikan kelas
  3. Umpan balik dalam perbaikan program pembelajaran
  4. Pendorong peningkatan mutu pendidikan
  5. Memperbaiki strategi pembelajaran

Tema penyelenggaraan kegiatan ini adalah  “Meningkatkan Kualitas Pembelajaran melalui Asesmen Sumatif Semester Gasal dengan kesiapan awal dan maksimal”. Sedangkan Motto penyelenggaraan kegiatan Asesmen Sumatif Semester:’’ Jujur wajib, sukses hasil dan proses harus!.

Untuk mensukseskan tujuan asesmen ini segala upaya baik dalam tahap perencaranaan, pelaksanaan maupun pasca asesmen dan evaluasi telah dipikirkan dengan matang oleh pihak panitia asesmen.

Diharapkan dilaksanakan penilaian ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai harapan meningkatnya kualitas pembelajaran dan hasil belajar siswa dan madrasah.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top