Sejarah Madrasah

A. Letak Geografis

Madrasah Aliyah Negeri 2 Karanganyar  bertempat di wilayah Desa Tuban Kecamatan Gondangrejo  Kabupaten Karanganyar, beralamat di Jl. Raya Solo – Purwodadi Km. 12 Gondangrejo 57773 Karanganyar. MA Negeri 2 Karangayar  letaknya sangat strategis, di jantung kota Kecamatan Gondangrejo  mudah dijangkau dengan kendaraan umum.

B. Berdirinya Madrasah

Pendirian MAN 2 Karanganyar oleh tokoh agama dan tokoh masyarakat berkumpul dan bekerja sama merealisasikan berdirinya sekolah tingkat atas yang berbasis agama. Tahun Pelajaran Pelajaran : 1982 -1983, tepatnya tanggal 20 Juli 1982 dapat dibuka Madrasah Aliyah Negeri (MAN) fillial MAN 1 Karanganyar.

Perkembangan selanjutnya MAN 2 Karanganyar ditetapkan sebagai sekolah Negeri bernaung dibawah Kementerian Agama dengan tanggal SK Pendirian dan Operasional 25 Oktober 1993 dengan Nomor SK Pendirian: KMA Nomor 244 Tahun 1993, File SK Operasional: 132004-486385-67862-72995528-45519756.pdf. Akreditasi Madrasah A- No SK: 458/BAN-SM/SK/2020 tanggal 22-06-2020.

Ide yang mendasari berdirinya Madrasah Aliyah Negeri 2 Karanganyar ini adalah :

  1. Untuk mendidik siswa agar mereka menguasai ilmu pengetahuan.
  2. Untuk mendidik siswa agar mereka mempunyai akhlakul karimah
  3. Untuk mendidik siswa agar mereka mampu berjuang di jalan Allah kapan dan dimana saja.

Madrasah Aliyah Negeri 2 Karanganyar telah mengalami delapan kali pergantian kepala yakni Drs. H. Sahirjan, M.M., Drs. H. Wahyudi, Drs. H. Abdul Aziz, Drs.H. Ahmad Zahid, M.Pd., Ahmad Muhtadi, M.Pd.I, Drs Saiful Munir, Windrati, M.Pd., dan sekarang ini adalah Bapak Sumiran S.Pd, M.Pd.

C. Perkembangan Madrasah

Perkembangan selanjutnya, persepsi masyarakat bahwa Madrasah Aliyah Negeri 2 Karanganyar merupakan satuan pendidikan formal dalam binaan Kementerian Agama yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam pada jenjang pendidikan menengah  sebagai lanjutan dari Sekolah Menengah Pertama, MTs atau bentuk lain yang sederajat, diakui sama atau setara Sekolah Menengah Petama atau MTs semakin menguat.

Penyelenggaraan pendidikan di madrasah yang menyelenggarakan pendidikan umum dengan kekhasan agama Islam merupakan jawaban atas upaya Orang Tua/Wali Murid untuk menyekolahkan putra-putrinya dengan harapan disamping mendapat pengetahuan umum juga mendapat bekal pendidikan agama Islam.

Ini, memposisikan Madrasah sebagai sekolah yang diminati oleh masyarakat sehingga dalam perkembangannya jumlah peserta didik setiap tahun ada peningkatan yang siknifikan. Perkembangan jumlah sisa Tahun Pelajaran 2021/2022 yakni 664 dan Tahun Pelajaran 2022/2023 yakni 776.

D. Tugas Pokok Dan Fungsi Madrasah

Madrasah Aliyah sebagaimana ditetapkan dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 BAB VI, Bagian Ketiga Pasal 18 ayat 3, adalah lembaga pendidikan sejajar SMA dan SMK. Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang melayani masyarakat dalam pemberdayaan SDM.

Oleh karena itu masalah madrasah dikembangkan berdasarkan prinsip-prinsip lembaga layanan. Pengorganisasian madrasah perlu dilakukan dengan cermat yang ditampilkan dalam bentuk struktur organisasi yang mampu meningkatkan efisiensi dan efektifitas pemanfaatan sumber daya pendidikan, serta kondusif untuk timbulnya inovasi dan kreatifitas.

Dalam melaksanakan tugasnya MA Negeri 2 Karanganyar  menggunakan Sistem Manajemen Berbasis Madrasah sesuai pedoman yang diterbitkan oleh Dirjen Baga Islam Tahun 2005.

Implementasi Manajemen Berbasis Madrasah pada MA Negeri 2 Karanganyar  meliputi 7 komponen yaitu :

  1. Organisasi terdiri dari Organisasi Komite Madrasah dan Organisasi Madrasah.
  2. Kurikulum : MA Negeri 2 Karanganyar menjalankan Kurikulum 2013
  3. SDM : terdiri dari unsur Kepala Madrasah, Guru, Tata Usaha, Penjaga dan Kebersihan
  4. Kesiswaan : terdiri dari unsur Organisasi Siswa, Pelayanan Kasus dan Penyaluran Bakat dan minat.
  5. Sarana Prasarana meliputi perencanan, pengadaan, penggunaan dan perawatan.
  6. Pembiayaan : meliputi kegiatan Perencanaan, Penggalian Dana, Pengelolaan dan Akuntabilitas.
  7. Partisipasi Masyarakat.
Scroll to Top